• Tutorial Seven Jump Step

    Tutorial seven jump step merupakan salah satu dari materi pada blok LSTI. Pada setiap tutorial dalam kelompok harus ada ketua, sekretaris, dan anggota kelompok. Ketua dan sekretaris haru sboleh dipilih secara periodik, untuk menjaga keaktifan kelompok. Tugas ketua kelompok bertanggung jawab memimpin diskusi kelompok sedangkan tugas sekretaris mencatat hal-hal penting hasil diskusi. Ketua kelompok akan mengarahkan diskusi dengan seven jumps to discuss the problem in the skenario.

    Tahapan pada seven jump steps :

    1. STEP 1 = Klarifikasi istilah sesuai topik yang belum diketahui dalam skenario. Mencari istilah yang belum diketahui dalam kamus terkait pembahasan.
    2. STEP 2 = Mendefiniskan masalah berdasarkan skenario. Tiap mahasiswa akan mempunyai perbedaan pandangan terhadap skenario dengan eksplorasi pertanyaan. Semua pertanyaan harus ditampung.
    3. STEP 3 = Mendiskusikan masalah yang telah teridentifikasi dalam step 2 jawaban singkat dari step 2 berdasarkan prior knowlegdge mahasiswa tanpa referensi.
    4. STEP 4 = Analisis masalah, mereview step 2 dan step 3. penjelasan secara detail dari step 3. diskusi interaktif. bisa dibuat skema penjelasan masalah.
    5. STEP 5 = Merumuskan tujuan belajar berdasarkan kesepakatan kelompok, dibawah supervisor tutor. Minimal tujuan khusus harus dicapai.
    6. STEP 6 = Self study. mahasiswa belajar mandiri, mencari sumber berdasarkan tujuan belajar yang sudah disepakati.
    7. STEP 7 = Reporting. Mahasiswa melaporkan sumber belajarnya dan hasil belajarnya.

    Tutor hanya membantu kelancaran diskusi dan menjadi fasilitator diskusi tanpa memberikan penyelesaian masalah atau memberikan jawaban atas skenario yang ada.

Comments are closed.